Game Pramuka Siaga Bagian 2 ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul Permainan Pramuka Siaga Bagian 1. Saran dari admin Pramuka Indonesia untuk sahabat tunas kelapa dapat membaca ulang tulisan tersebut sebagai referensi tambahan.
Pada tulisan kali ini Game Pramuka siaga yang dishare lebih kepada permainan bagaimana pramuka siaga lebih mencintai laut Indonesia.
Pramuka Siaga |
Game / Permainan Pramuka Siaga
Game 1
Pasar Ikan
- Sasaran : Mengenal jenis jenis i(kekayaan laut), menghafal huruf dan melatih daya ingat.
- Alat : Karton warna-warni ukuran 10 X 15 cm, tiap karton diberi tulisan abjad (huruf besar)
Kegiatan :
- Yanda/Bunda memberikan narasi keagungan Allah berupa keaneka ragaman ikan yang diciptakan-Nya
- Yanda/Bunda memberikan arahan teknis permainan
- Potongan karton dimasukan kedalam kotak.
- Setiap peserta diminta untuk mengambil satu karton dan menyebutkan nama ikan yang huruf awalnya sesuai dengan huruf pada karton yang di ambilnya. Misalkan huruf �T� untuk �Teri, huruf �B� untuk bawal.
Game 2
Menjala Ikan
- Sasaran : Mencairkan Kebekuan dan melatih kerjasama kelompok
- Alat : Tali Pramuka/Rapia
Kegiatan :
- Arena permainan dibatasi dengan membuat lingkaran ataupun persegi empat.
- Salah satu barung berperan sebagai penjala ikan, sedangkan barung yang lain sebagai ikannya.
- Setelah Yanda/Bunda memberikan aba-aba mulai, penjala ikan merentangkan tali sebagai jalanya dan berusaha menangkap ikan-ikan yang berenang (berlari) kesana kemari untuk meghindari jala. Barung yang menjadi ikan harus terus berlarian untuk menghindari jala, tetapi tidak boleh keluar dari batas-batas yang telah ditentukan.
- Bagi peserta yang terkena jaring dinyatakan mati dan harus keluar dari permainan.
Penutup :
- Yanda atau Bunda bertanya kepada masing-masing siaga untuk memberikan tanggapan bagaimana menjadi nelayan.
- Yanda atau Bunda memberikan rangsangan kepada siaga untuk mengungkapkan hikmah dari permainan. � Yanda dan Bunda menerangkan cara menangkap ikan yang baik ( tidak boleh menggunakan peledak, racun kimia dsb)
Game 3
Kepiting Berjalan
- Sasaran : Keterampilan dan melatih panca indera
- Alat : Sapu tangan, Sal atau Setangan Leher
Kegiatan :
- Yanda/Bunda menentukan jarak garis Start (mulai) dan garis Finish (berhenti).
- Setiap Barung diwakili satu orang anggotanya.
- Para peserta ditutup matanya dengan sapu tangan, sal atau setangan leher.
- Peserta bersiap-siap pada garis start dengan posisi berderet kesamping dalam keadaan merangkap kaki (kaki dan tangan bertumpu pada tanah)
- Bila Yanda/Bunda memberikan aba-aba mulai, para peserta harus berjalan merangkak kesamping layaknya seekor kepiting berjalan hingga garis finish.
- Peserta diusahakan jangan salah arah, peserta yang lebih dulu mencapai finish, dinyatakan sebagai pemenang.
Cukup tiga dulu Game atau permainan Pramuka Siaga pada kesempatan kali ini, nantikan update permainan pramuka siaga bagian 3 hanya di situs www.pramukaindonesia.com, jika ingin mendaptkan update informasi pramuka lebih cepat, jangan lupa FOLLOW akun Google Plus Pramuka Indonesia Disini
Posting Komentar